Tuesday 22 May 2012

Analisis internal dan eksternal

Dalam lingkungan bisnis, kita mengenal dua lingkungan bisnis, yaitu lingkungan internal dan eksternal. Dari kata tersebut tentu sudah kita bisa bayangkan, analisis internal berarti kita menganalisis tentang perusahaan itu sendiri atau lingkungan dalam perusahaan. Analisis internal perusahaan dikenal juga dengan nama Analisis Profil Perusahaan. Analisis ini menggambarkan kekuatan perusahaan baik dari segi kuantitas maupun kualitas
1. Pemasaran
2. Sumber daya manusia
3. Sumber daya fisik
4. Operasi
5. Keuangan
6. Manajemen dan organisasi
            Kelemahan dan kekuatan Pemasaran suatu organisasi dapat dilihat  dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, kualitas pelayanan, efektifitas penetapan harga, efektivitas distribusi, efektivitas promosi, kekuatan penjualan, efektifitas inovasi dan cakupan geografis.
            Kelemahan dan kekuatan SDM dapat ditunjukan dari manajemen sumber daya manusia, keterampilan dan moral karyawan, kemampuan dan perhatian manajemen puncak produktifitas karyawan, kualiats kehidupan karyawan, fleksibilitas karyawan, ketaatan hukum karyawan, efektivitas imbalan dalam memotivasi karyawan dan pengalaman karyawan.
            Kekuatan Keuangan terdiri dari ketersediaan modal, arus kas, stabilisasi keuangan, hubungan dengan pemilik dan investor, kemampuan berhubungan dengan Bank, keuntungan yang diperoleh (nilai saham), dll.
            Keunggulan Operasi meliputi fasilitas perusahaan, skala ekonomi, kapasitas produksi, tepat waktu dalam produksi, keahlian produksi, biaya bahan baku dan ketersediaan pemasok, lokasi, layout, optimalisasi fasilitas, persediaan penelitian, pengembangan, hak paten merek dagang, proteksi hukum.
            Kekuatan dan kelemahan organisasi dan manajemen dapat diperoleh dari struktur organisasi, citra dan prestasi perusahaan, catatan perusahaan dalam mencapai sasaran, komunikasi dalam organisasi sistem pengendalian organisasi keseluruhan, budaya dan iklim perusahaan, penggunaan sistem yang efektif dalam pengambilan keputusan, sistem informasi yang baik.


No comments:

Post a Comment