Thursday, 22 August 2013

cara mendidik anak





Untuk calon  bunda atau bunda yang pengin tau bagaimana sih cara mendidik anak yang baik.
                        mari bunda kita berbagi pengetahuan walaupun saya belum menikah tapi berdasarkan pengalaman dari lingkungan sekitar serta pengalaman saya saat menjadi anak, dan ingin menjadi seorang ibu yang mendekati sempurna untuk anak- anak saya nanti.. saya memiliki tips-tips mendidik anak agar berakhlaq, berbudi pekerti baik serta cerdas agar nanti anak kita dapat menjadi seorang  anak yang soleh berilmu, bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan bangsa bukan begitu bunda yang menjadi cita2 kebanyakan banyak orang.
yukz mari kita intip pembelajaran apa saja sih yang bisa kita lakukan saat anak kita masih kecil. 
Sebelum sang anak lahir masih dalam kandungan anak sudah dapat mendengar loh respon dari luar dimana saat anda berinteraksi  dan merasakan keharmonisan dalam keluarganya. Maka dari itu bunda ketika dalam kandungan faktor dari luar yang negatif seperti pertengkaran, permusuhan sebaiknya dihindari karena dapat mempengaruhi mental dan kepribadian sang anak nanti ketika lahir. Agar anak anda dapat memiliki kecerdasan yang baik anda pun dapat mendo’akannya selalu dan sering membaca Al Qur’an menurut penelitian anak yang masih dalam kandungan jika sering didengarkan ayat al qur’an memiliki pengaruh yang besar terhadap kecerdasannya jadi bukan hanya didengarkan dengan musik klasik tapi alangkah lebih baik jika sering didengarkan dengan bacaan al qur’an.
                       Setelah anak lahir dan sudah bisa berjalan berinteraksi masih balita. ajarkan anak tentang kebaikan  yang paling dasar seperti bagaimana mengucapkan terimakasih ketika diberi sesuatu. ajarkan anak meminta maaf ketika melakukan kesalahan. ajarkan anak mencium tangan orang tua atau orang yang lebih tua darinya. ajarkan anak tentang keberanian berinteraksi dengan orang lain. Hal ini mungkin sepele tapi banyak anak yang dari kecil tidak diajarkan seperti itu sehingga ketika dia besar untuk bersalaman dengan orang lain pun enggan , atua dalam hal lain seperti  mengakui kesalahan dan meminta maaf terhadap orang lain pun tidak mau. kepekaan sosial ini yang perlu diajarkan semenjak kecil. baik terhadap keluarganya, teman-tamananya, tetangga ,mahluk hidup dan lingkungan sekitarnya.
             Ketika sang anak sedang nakal-nakalnya janganlah bunda sering memarahi, mengkritik atau melarang apa yang sedang dia lakukan, karena itu dapat mempengaruhi perkembangan kepribadiannya. Seorang anak yang dibesarkan dengan dengan kritikan atau larangan melakukan sesuatu dia  dapat memiliki kepribadian yang penakut karena sejak kecil apa yang dia lakukan selalu salah  sehingga dia cenderung akan menjadi orang yang stagnan atau moderat.
Ketika anak sedang nakal mungkin bunda dapat melihat kondisinya jangan memarahi atau melarang setiap tindakan atau kelakuan sang anak, bunda dapat memarahi atau melarang tindakan sang anak ketika anak tersebut benar-benar melakukan hal yang salah tapi bunda juga harus memberikan penjelasan kenapa dia tidak boleh melakukan hal tersebut. Sehingga sang anak dapat mengerti dan memahami kenapa bunda melarang atau memarahi sang anak.
         Jika bunda memeliki keinginan agar sang anak kelak memiliki jiwa pemimpin, bunda dapat melakukan dengan hal kecil seperti ketika hendak tidur dapat mencerita nabi muhammad SAW dan para sahabat nabi. Dengan cerita yang mudah dipahami sang anak. Ingat bunda saat masih kecil anak lebih suka mendengar dan memvisualisasikan. Jadi untuk metode pembelajaran pun bisa dilatih dengan dongeng, cerita, gambar dan warna.
Mungkin masih banyak yang bisa disharingkan tapi untuk saat ini cukup itu dulu walaupun sedikit semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment