Thursday 22 August 2013

Tipe Kepribadian

KORELIS
Seseorang koleris memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu. Ia seorang yang berapi-api, aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Ia tipe orang yang sangat menyukai aktivita. Ia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya melalui ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rencangan, sasaran dan ambisinya. Ia bukan tipe orang yang mudah menyerah pada tekanandari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorong untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang koleris  ialah emosinya. Orang koleris memiliki temperemen yang meledak-ledak. Ia  tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia bukan orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaannya kepada orang lain. Ia cenderung  tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutahan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

MELANKOLIS
Melankolis merupakan temperamen yang paling kaya. Ia memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi seseorang melankolis. Ia adalah orang yang introvet tapi apabila ia sedang berada dalam puncak sukacitanya, ia biasa saja menjadi ekstrovet. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri. Padahal ia adalah seorang yang memiliki daya analitik yang hebat yang mampu memperhitungkan bahaya, halangan dalam setiap proyek secara akurat. Perasaan mereka yang peka dan sensitif juga dapat kmembuat mereka jadi pendendam dan sering terlihat murung. Orang melankolis cenderung memilih pekerjaaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memiih sesuatu maka ia akan tetap setia mengerjakannya.

Plagmatis
Merupakan seseorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa ,membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya meski ia sendiri tidak tertawa. Merupakan pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya, tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya  ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu. Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik  diri dari segala macam keterlibartan. Hal inilah yang seringkali menghambatnya untuk menunjukan kemampuannya secara total dan menjadi cenderung pasif dan pemalas.

Sanguin
Tipe sanguin adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya. Ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena ia memiliki sifat yang mudah menerima sehingga kesan-kesan dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam  dan luar dalam hatinya. Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat dia mengambil keputusan. Orang sanguin sangat menyukai kesenangan, mereka jarang sekali membiarkan hatinya besedih berlama-lama. ia juga tipe orang yang sangat suka bicara dengan mudah ia dapat menularkan mperasaan semangatnya kpd orang lain melalui perkataaannya. gayanya yang gaduh, bersuara keras dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya.


No comments:

Post a Comment