Tuesday 2 February 2016

Tujuh Amaliyah Dari GUSDUR

7 Amaliyah dari Gusdur

Gus Dur sapaan akrab dari KH. Abdurrahman Wahid dikenal sebagai pribadi yang humoris, berkarisma, nyeleneh, dan bijak. Banyak para Ulama meyakini bahwa beliau adalah seorang Wali. Selain dikenal dengan leluconnya beliau juga dikenal sebagai sebagai ilmuan dan banyak mendapat gelar dari berbagai perguruan tinggi mancanegara.

Berikut ini petuah-petuah Gusdur untuk diamalkan setiap hari;

1.Solat Tahajjud, karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada solat tahajjudnya. Pastinya doa akan mudah termakbul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah SWT.

2. Membaca Al-Qur’an sebelum matahari terbit, alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Paling tidak jika sesibuk manapun kita, bacalah ayat 3Qul, atau ayat qursi.

3. Hadirkan diri ke masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemanapun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkatan, bukan kerana panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah SWT .

4. Jaga solat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada solat dhuha. Yakinlah, kesan solat dhuha sangat dasyat dalam mendatangkan rezeki.

5. Jaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Percayalah, sedekah yang diberikan akan dibalas oleh Allah berlipat kali ganda.

6. Jaga wudhu terus menerus karena Allah SWT menyayangi hamba yang berwudhu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhuk senantiasa ia akan merasa selalu dalam keadaan solat walaupun ia belum lagi solat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, Malaikat berdoa untuknya yaitu “ampuni dosanya dan sayangi dia ya Allah SWT ”.

2. Amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi kerena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.

No comments:

Post a Comment