Saturday 7 November 2015

kisah pemuda baik hati

Hari itu aku belanja di sebuah swalayan . Setelah mengambil segala barang yang ku butuhkan ,aku pun bergegas menuju antrian di kasir . Di depanku ada seorang pemuda dan di depan pemuda itu ada seorang ibu dengan 2 orang anaknya yang sedang menghitung belanjaan mereka di kasir . " total seluruhnya 145 ribu bu " gadis muda penjaga kasir tersenyum ramah setelah menjumlahkan seluruh barang belanjaan si ibu . Ibu itu segera membuka dompetnya ... begitu banyak uang recehan disana , ia lalu menghitungnya satu persatu dengan wajah tertunduk . Kedua anaknya berdiri memperhatikan ibu mereka sambil sesekali memegang tangannya, keduanya terlihat tidak sabar . Aku amati wajah si ibu pucat pasi ... terlihat jelas ia kebingungan sebab ternyata uang yang ada di dompetnya kurang . Ia mulai berfikir untuk mengembalikan sebagian barang belanjaan yang diambilnya ... ketika tiba2 saja ... pemuda di depanku membungkuk sambil memungut uang 50 ribuan dan menyodorkannya ke pada ibu itu : " hati2 bu kalau menghitung uang ... ini ada selembar uang ibu yang jatuh " ... si ibu yang bengong seperti tak percaya ... dengan tangan bergetar mengambil dan menerima uang itu ... dengan tatapan mata penuh syukur ia memandang pada si pemuda . Setelah membayar di kasir dengan gembira kedua anaknya menenteng kantong plastik belanjaan berlalu pergi . Pemuda itu membayar belanjaannya kemudian ia juga segera pergi ... aku tergesa2 menyusulnya ... setelah bertemu aku berkata : " aku tahu ... tadi engkau dengan sengaja menjatuhkan uangmu untuk engkau berikan pada ibu itu ... aku melihatmu karena aku berada tepat dibelakangmu ... demi ALLAH aku bertanya , bagaimana engkau bisa mendapat ide itu ?" ... si pemuda dengan santun menjawab : " Allah lah yang mengilhamkan itu padaku ... aku tidak ingin si ibu itu malu dihadapan kita dan anak2 nya ... karena itu ALLAH menggerakkan hatiku untuk spontan mengerjakan apa yang engkau lihat " .... subhanallah ... ternyata bila hati menginginkan kebaikan ... ALLAH akan membantu hamba NYA melakukan kebaikan itu ... sungguh ... kebaikan itu hanya mudah dilakukan bagi orang yang memang menginginkannya .... firman ALLAH :
فأما من أعطى و اتقى وصدق بالحسنى فسنيسره لليسرى
From
Mifta juniadi

No comments:

Post a Comment