Sunday 8 November 2015

pengaruh ibu terhadap anak

KIND WORD
GREAT MOTHER
 -------------                
Suatu hari seorang anak laki-laki pulang sekolah memberikan Sepucuk Surat tertutup kepada Ibunyanya ytc drumah dari Kepala Sekolah dia sbg murid.

Anak : Ibu, Kepala Sekolah memberi surat ini kepada saya, dengan pesan agar tidak membuka dan hanya boleh Ibu seorang yang boleh membuka atau membacanya.

Sang Ibu dengan hati yg bersih membuka dan membaca surat yang dimaksud dengan airmata berlinang dan perasaan hati yg tidak menentu, namun dengan bijak selesai membaca sang Ibu membacakan surat tsb dgn airmata berlinang sambil tersedu sedu dlm hati kecilnya untuk anaknya yang terkasih :

"Anak kamu terlalu jenius. Utk Sekolah ini terlalu yang sederhana. Tidak cukup guru yang baik dan hebat di sekolah kami, untuk melatih dia. Ajari dan latihlah sendiri anak anda secara langsung."

Tahun demi tahun berlalu. Sang anak terus tumbuh dan berkembang. Seiring waktu, sang Ibu yang sudah pula meninggal/tiada.

Suatu ketika, anak laki-laki yang sudah dewasa itu, menemukan kembali sepucuk surat yang dulu dibacakan sang Ibundanya yang tercinta kepadanya.

Diambilnya surat dari dalam laci meja Ibunyanya, diapun membuka dan membaca surat itu dengan tangan bergetar. Berbeda dengan apa yang pernah didengar dari Ibunyanya saat dia masih kecil dulu :

"Anak kamu punya masalah kejiwaan. Kami tidak mengizinkan lagi dia datang untuk bersekolah disini selamanya".

Anak itu, adalah sang Penemu Hebat Sepanjang Masa, dia adalah Thomas Alva Edison.

Dia menangis ter sedu-sedu berjam-jam lamanya seusai membaca surat itu, lalu nenulis dalam buku hariannya : "Thomas Alva Edison, adalah anak yg gila, hanya oleh karena seorang pahlawan, oleh karena ibuku, saya diubahnya menjadi Sang Jenius Sepanjang Masa".

Pesan Moral :

(1) Sejarah membuktikan tentang kesaktian, kehebatan dan peranan/pengaruh seorang Ibu terhadap anaknya. Ibu adalah guru terbaik untuk anaknya.

(2) Sejarah juga membuktikan kesaktian dari sebuah kata atau ucapan terhadap psikologi dan mental anak-anak.

(3) Perkataan yg buruk, sangat ampuh merusak Moral & Mental seseorang, apalagi diucapkan oleh Ibu yg buruk pula.

(4) Perkataan yg baik dapat memotivasi dan menginspirasi (merubah) seseorang untuk menjadi yg terbaik, apalagi oleh Ibu yang tulus, penuh cinta kasih sayang dan bertangan dingin mengelo la keluarga ...

Semoga bermanfaat ..., menambah semangat kita dalam mendidik anak2 titipan dari Sang Maha Pencipta...

No comments:

Post a Comment