Wednesday 5 August 2015

sungai kehidupan

Sungai Kehidupan ::

Seperti halnya sungai, kehidupan manusia juga mempunyai beberapa hal yang mirip seperti aliran sungai. Bila kita memperhatikan sebuah sungai yang aliran airnya tidak lancar, kita akan mendapati beberapa penyebab, antara lain:

# Sampah
Kadang kita tidak bisa mengalirkan hal-hal yang baik karena hidup kita ditutupi oleh sampah. Sampah berbicara tentang sesuatu yang dimasukkan dalam diri kita seperti Gosip, Pikiran Negatif, Kebencian, Iri Hati, Kemarahan, dsb. Saat kita membiarkan diri kita termakan oleh gosip atau omongan negatif orang lain, maka rasa Kesal, Marah akan memenuhi hati kita. Belajarlah menguasai hati, kita tidak bisa melarang orang lain membicarakan kita, namun kita bisa menjaga hati ini untuk tetap tenang.

# Batu
Batu berbicara tentang kekerasan hati.
Tak jarang perbuatan orang lain membuat kita sakit hati, lalu memendam dendam. Dan biasanya kita akan diperhadapkan dengan 2 pilihan: Mau mengampuni atau tetap mengeraskan hati membenci orang itu.

# Lumpur
Lumpur berbicara tentang masa lalu.
Mungkin kita memiliki masa lalu yang buruk, yang belum diselesaikan. Karena itu, penting bagi kita untuk membereskan masa lalu kita agar dapat menjadi sungai yang mengalirkan kehidupan.

Sungai tidak bisa mengalirkan kehidupan kalau ada sampah, batu dan lumpur dalam hidup kita. Jadi, jangan ada simpan yang negatif dalam hati kita. (Sumber: http://ceritamotivasimendidik.blogspot.com/)

No comments:

Post a Comment