Tuesday 4 August 2015

berkat sedekah

Sekitar bulan April 2011, keadaan saya waktu itu lagi terpuruk banget, kegagalan demi kegagalan datang menghampiri.

Bayangin aja, masa gagal terus sih?

Pasti ada kalanya kita jadi capek dan hopeless banget, dan itulah gambaran kondisi saya yang berada di titik terendah. Waktu lagi galau-galaunya, ga tau kenapa saya langsung kepikiran temen saya di Qatar, Muhammad Assad (ga tau juga kenapa bisa gitu, padahal saya juga baru kenal sama dia).

FYI, awal mula saya kenal dengan Assad adalah karena dia pernah saya undang ke radio tempat saya bekerja untuk on-air dan berbicara banyak tentang bukunya, Notes From Qatar dan juga topik-topik seputar entrepreneurship dan kepemudaan. Saya lalu kirim email ke dia dan curhat panjang lebar tentang masalah-masalah yang dihadapi.

Wuiiihh panjang banget deh pokonya tuh email, saya ceritain mulai dari kegagalan demi kegagalan yang saya hadapi sampe cita-cita saya untuk study and living abroad. Ada kali berlembar-lembar nulisnya, dan nyeseknyaaa…. Balasan dari Assad cuma 4 kata doang!! Canggih banget emang nih orang hahaha..

Isinya begini doang: “Lo udah sedekah belom?”

JLEEBBB!!!

Tertohok banget lihat jawaban Assad yang sangat singkat, straight to the point, tapi bener-bener ngena di hati, karena memang saya belum pernah melakukan yang namanya sedekah.

Yaudah saya bales lagi dong, “Hmmm… Sedekah yah? Kok nyambungnya kesana Sad? Yaa kalo sedekah ke pengemis pinggir jalan seribu dua ribu perak sering lah.. kadang lima ribu perak. Tapi kalo yang bener-bener sedekah sih emang belom pernah.”

Lalu Assad pun membalas lagi, “Yaudah mulai sekarang lo niatin sedekah dalam jumlah yang besar, biar terwujud semua tuh cita-cita lo itu. Kalo boleh tahu, berapa nominal di tabungan lo skrg?”

Wah wahh wahhh… si Assad makin menjadi-jadi nih, apa urusannya coba dia pake nanya jumlah uang tabungan saya. Tapi yaudah lah ya, karena saya lagi galau, saya tetep jawab aja pertanyaan dia, “Gue punya 10 juta di tabungan Sad, tapi itu duit udah gue kumpulin dari jaman gue kerja pertama kali.”

Si Assad bales lagi, “Yaudah bismillah, 5 juta lo sedekahin ya. InshaAllah cita-cita lo tercapai.”

Udah tuh cuma ngomong gitu doang si Assad. Saya sebenernya mau marah sama dia waktu itu hahaha.. Dalam hati saya, “Apa-apaan sih nih orang ga jelas banget, ga tau apa yah perjuangan gue ngumpulin uang itu dengan keringat darah yang bercucuran dan sekarang setelah udah terkumpul, dengan mudahnya dia nyuruh sedekahin setengahnya!”

Saya pun kembali galau karena perkataan Assad. Saya nanya lagi dong ke dia, “Yakin nih Sad 5 juta?” Dia jawab, “Iya, 100%! Cita-cita lo mau ke Paris kan? Kalo sedekahnya cuma seribu dua ribu perak ya ga nyampeee.. Kasih sedekah terbaik lo buat Allah Swt dan Dia juga PASTI akan ngasih yang terbaik buat lo.”

Kemudian dia juga ngirimin ayat-ayat Quran dan hadits tentang keutamaan dari bersedekah. Saya pun mulai terenyuh dan berpikir, bener juga nih perkataan si Assad. Saya pun langsung membulatkan tekad untuk melakukan seperti apa yang dia bilang. Keesokan harinya pas bangun tidur, yang ada di otak saya, “Gue mau sedekah hari ini juga, ngelakuin apa yang Assad suruh!”

Saya langsung nyamperin mama dan bilang, “Mah, Ejie mau sedekahin setengah dari tabungan Ejie deh.” Si mama kaget, “Hah kapan? Tumben banget, kesambet angin apa nih?” Saya jawab, “Angin dari Qatar Mah hehe.. Insya Allah sedekah hari ini juga, sekarang.”

Mama yang sedang bingung itu mendukung saya. Saya pun jadi makin semangat dan segera pergi ke ATM. Sesampainya di depan mesin ATM, agak sedikit menitikkan air mata sih pas ngambil uangnya (lebay banget emang). Dalam hati udah komat kamit, “Ya Allah, bismillah saya ikhlas menyedekahkan ini, semoga bisa bermanfaat untuk kebaikan. Amiin.”

Saya ambil lah itu uang 5 juta dan saya antar sendiri ke yayasan yatim piatu. Alhamdulillah saat itu hati saya ikhlassss banget dan udah ga mikirin sayang lagi terhadap uang itu. Pas saya ngeliat anak-anak yatim piatu yang ga mampu, saya sangat bahagia sekali karena yakin uang itu akan berguna buat mereka. Saya jadi mau nangis lagi nih kalo diinget-inget.

Setelah sedekah saya perbanyak shalat tahajud, dhuha, dan puasa Senin-Kamis juga jalan. Di setiap doa saya selalu minta, “Ya Allah, saya sudah mengikuti apa yang km perintahkan untuk bersedekah, dan saya berikan sedekah terbaik yang saya miliki. Sekarang izinkan saya untuk memohon pertolongan-Mu. Saya ingin sekali sekolah dan kerja di luar negeri, di Perancis Ya Allah..”

Lalu…. 1 bulan kemudian…

keajaiban itu benar-benar datang!! Saya sendiri sampai merinding.. Ini kan baru sebulan, apa emang sedekah bekerja dengan sangat cepat??

Entah gimana caranya, ada temen saya yang lagi ada di Paris tiba-tiba minta saya kesana untuk gantiin posisi dia karena dia akan balik ke Indonesia pada bulan September 2011. Saya langsung kaget, ga percaya dan excited banget!

Awalnya masih nyangka ini mimpi, sampe akhirnya teman saya itu benar-benar serius nawarin kerjaan dan ngejelasin gimana kehidupan di sana. Sebenernya sih sempet ga dapet izin dari orang tua, karena ya wajar lah ya, saya anak perempuan, bungsu pula, trus mau mengadu nasib di negeri orang sendirian.

Tapi, Allah memang Maha Pengatur.

Ada aja jalannya sampe mama meng-iya-kan. Temen saya itu bahkan bela-belain nelfon mama hanya untuk ngeyakinin beliau, dan Alhamdulillah akhirnya beliau pun setuju.

Ini di luar dugaan saya banget. Awal tahun 2011 aja saya ga ada pikiran sama sekali untuk living abroad loh, apalagi ditambah dengan kegagalan demi kegagalan yang saya alami, makin frustasi aja waktu itu. Semua terasa dipermudah, bulan Agustus 2011 bisa sudah di tangan dan pada tanggal 19 September, saya pun terbang ke Paris!!

Voila! My dream comes true! Tepat di tanggal 20 September 2011, saya berhasil mendarat dengan selamat di Paris, Prancis.

Akhirnya mimpi yang selama ini diidam-idamkan kesampean juga ya? Haduh, Paris memang kota yang sangat cantik. Saya bisa melihat banyak sekali bangunan-bangunan antik yang masih kokoh berdiri, orang-orang Paris yang selalu berdandan modis dimana-mana, toko-toko belanja dengan brand-brand dunia, dan yang udah sukses bikin nangis adalah… saya bisa berhadapan langsung sama yang namanya La Tour Eiffel alias Menara Eiffel!

Sekarang saya merasa terlahir kembali setibanya di Prancis. Saya tahu, banyak yang harus dikerjakan disini, demi masa depan yang cerah. Dan itu semua harus saya hadapi sendiri. FYI, saya anak bungsu, dan selama 23 tahun hidup di dunia baru kali ini dilepas sama orangtua.

Alhamdulillah, disini saya bisa tinggal di sebuah keluarga Prancis yang harmonis dan baik sekali. Rumahnya juga besar, kamarnya nyaman, makanan semua tersedia, mobil tinggal pake, internet dan telepon juga ada. Untuk nambah uang jajan, saya kerja part time selama 20 jam per/minggu.

Lumayanlah, uangnya bisa ditabung dan disisain buat jalan-jalan keliling Prancis dan eropa daratan. Saya pun sedang mengambil kuliah bahasa di kampus, namanya University of Caen Basse-Normandie, selama setahun sebelum insya Allah saya akan melanjutkan master disana. Saya beruntung banget punya teman-teman disini, dari yang bule prancis asli, mahasiswa internasional, sampai mahasiswa Indonesia. Jadi, sama sekali gak kesepian.

Selama 3 bulan saya disini, saya udah hampir ngunjungin 10 kota di Prancis. Hampir setiap weekend, saya selalu jalan-jalan. Tujuannya Cuma pengen manfaatin masa-masa selama di Prancis, biar nantinya gak nyesel. Jadi, kuliah, kerja, jalan-jalan semuanya beriringan. Insya Allah, awal Januari saya sudah diribetkan lagi dengan masalah kuliah, semoga semuanya berjalan lancar, dan bulan September saya sudah tercatat sebagai mahasiswa master di kampus.

Akhir kata.. Tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang terjadi dalam kisah saya ini karena keajaiban sedekah! Allah mengatur dengan sangat indah dan Dia menepati segala janji-Nya, bahkan memberikan lebih dari yang saya inginkan. Apa lah arti 5 juta jika dibandingkan dengan kenikmatan dan kebahagiaan hidup yang saya rasakan sekarang ini? Alhamdulillah.. Sekarang saya jadi percayaaa bangettt manfaat sedekah dan kekuatan berbagi. Sungguh sangat luar biasa!

Sumber : Blog Muhammad Assad.

Sobat Berkuliahcom, ada banyak hal dalam hidup ini yang tidak bisa dipahami dengan akal pikiran semata, karena semuanya pekerjaan Tuhan.

Maka, bila kita tidak bersandar sepenuhnya pada Tuhan, hasilnya bisa tidak sesuai harapan dan kita kehilangan hal yang diimpikan.

Untuk itu, sembari membaca dan mempraktekkan apa yang ada di dalam buku JKLN (Jurus Kuliah ke Luar Negeri - www.kuliahabroad.com), mulai sekarang, mari perbanyak beribadah, berbakti kepada orang-tua, serta berbuat baik pada orang lain.

Ibadah dan kebaikan-kebaikan itulah yang akan mempermudah jalan kita untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri.

Jangan menunggu proses seleksi beasiswa sudah terjadi, tapi mulailah dari sekarang. Sekalipun kamu masih SMA kelas XI, sekalipun kamu masih mahasiswa S1 semester 2. Karena, sejatinya hidup adalah menjalani proses ini, bukan sebuah target... Selamat malam dan semoga esok kan lebih baik


No comments:

Post a Comment